Jenjang Pendidikan

Jenjang Pendidikan

Jenjang pendidikan adalah suatu tahap dalam pendidikan berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik serta keluasan dan kedalaman bahan pemgajaran (UU RI no.2 Tahun 1989 Bab I, Pasal 1 Ayat 5).

1)      Jenjang Pendidikan Dasar

Pendidikan Dasar diselenggarakan untuk memberikan bekal dasar yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat berupa pengembangan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dasar. Disamping itu juga berfungsi mempersiapkan peserta didik yang memnuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan menengah. Oleh karena itu pendidikan dasar menyediakan kesempatan bagi seluruh warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bersifat dasar, dan tiap-tiap warga negara diwajibkan menempuh pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

2)      Jenjang Pendidikan Menegah

 

Pendidikan menengah yn lamanya 3 tahun sesudah pendidikan dasar, diselenggarakan di SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) atau satuan pendidikan yang sederajat. Pendidikan mengah dalam hubungannya ke bawah berfungsi sebagai lanjutan dn perluasan pendidikan dasar dan dalam hubungan ke atas mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan  tinggi ataupun memasuki lapangan kerja.

3)      Jenjang Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah, yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didikmenjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesionalitas yang dapat menerapkan, mengembangkan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendidikan tinggi juga berfungsi sebagai jembtan antara pengembangan bangsa da kebudayaan nasional dengan perkembangan internasional.Untuk itu dengan tujuan nasional, pendidikan tinggi secara terbuka dan selektif mengikuti perkembangan kebudataan yang terjadi di luar Indonesia  untuk diambil mafaatnya bagi pengembangan bangsa dan kebudayaan nasional. Untuk mencapai tujuan dan kebebasan akademik, melaksanakan misinya, pada lembaga pendidikan tinggi berlaku kebebasan mimbar akademik serta otonomi keilmuan dan otonomi dalam pengelolaan lembaganya.

Satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi sdiseut peruruan tinggi yang dapat berbentuk akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.

Akademik merupakn perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan teknologi dan kesenian tertentu.

Politeknik meruakn perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Sekolah tinggi ialah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam satu disiplin ilmu atau bidang tertentu.

 

Institut ialah perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam sekelompok disiplin ilmu yang sejenis.

Universutas ialah perguruan tinggi yag terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik  dan atau profesional dala sejumlah disiplin ilmu tertenetu.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s